METODE WEIHTED MOVING AVERAGE DALAM M-FORECASTING

M-Forecasting atau Mobile Forecasting dapat diartikan sebagai peramalan berbasis mobile. Peramalan disini berarti memprediksi suatu keadaan dimasa mendatang. Penggunaan teknologi mobile dalam peramalan dianggap tepat untuk meningkatkan efisiensi peramalan yang akan dilakukan, hal ini didukung dengan perkembangan teknologi mobile yang kian pesat, dimana lembaga riset digital marketing emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang.  Jumlah yang fantastis ini dapat dimanfaatkan dengan pengembangan sistem informasi berbasis mobile untuk peramalan.

Prediksi dari sebuah peramalan dapat terwujud dengan penggunaan beberapa metode. Metode Weighted Moving Average adalah salah satunya. Metode ini memberikan prediksi masa depan dengan memanfaatkan data-data terdahulu dan memberikan bobot yang berbeda-beda untuk setiap data yang digunakan. Tingkat kepercayaan peramalan dapat diketahui dengan mengukur persentase eror dari peramalan yang diperoleh. Semakin tinggi tingkat eror dapat diartikan bahwa hasil peramalan yang diperoleh semakin tidak dapat dipercaya atau tidak akurat, begitu juga sebaliknya.

Teknik peramalan ini dapat diterapkan diberbagai bidang pekerjaan, termasuk dalam peramalan produksi karet. Dengan memperoleh data peramalan produksi karet dimasa mendatang tentunya dapat memberikan gambaran untuk langkah-langkah kerja kedepannya, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, dibangunlah sebuah sistem aplikasi peramalan berbasis mobile, sehingga dapat dipasang diperangkat mobile nantinya, khususnya teknologi mobile dengan sistem operasi android.

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, bahwa hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi mobile berekstensi .apk  yang dapat dipasang pada smartphone android. Dimana aplikasi ini sudah menerapkan metode weighted moving average  dalam peramalannya dan juga menampilkan persentasi errornya, sehingga siap untuk dilakukan pengujian. Data yang digunakan masih dari penelitian terdahulu, yaitu data produksi karet dari perusahaan Bakrie Sumatera Plantations. Hasil aplikasi seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Untitled...

Gambar Aplikasi M-Forecasting untuk Memprediksi Produksi Karet

 

byAkmal Nasution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *